Penyajian Konten dan Upaya Menaikan Pembaca Tulisan Anda

2023-04-14 20:24:47 | Diperbaharui: 2023-04-16 16:25:43
Penyajian  Konten dan Upaya Menaikan Pembaca Tulisan Anda
Ilustrasi : Source : asaecenter.org

UPDATE!!

Tulisan ini, untuk menjawab beberapa Chat (Kompasina Messenger) atau dulu kami namakan inbox Pesan, terkait tingginya viewer (unique visitors) di setiap tulisan saya (tidak semua). 

Saya mencoba menjelaskan satu persatu dari pengetahuan, pegalaman, sedikit keahlian saya di bidang IT. Namun sekali lagi semuanya dari sudut pandang saya, bisa saja berbeda dengan pemikiran, pendapat dan pengalaman anda. Namun saya akan berusaha sebisa mungkin menjelaskan secara sederhana bagaimana cara menaikan kunjungan pada tulisan anda.

Namun sebelumnya, perlu anda ketahui bahwa jumlah viewer/visitors tulisan anda telah di setup (diatur dalam coding/progamming)  oleh tim IT situs kompasiana, yang utama adalah dengan memanfaatkan Google Analytics, Cara kerja script yang dipasang di kompasiana ini, dapat anda ketahui melalui cirinya. Ketika anda pertama kali menayangkan tulisan anda, mungkin anda akan bertanya-tanya jumlah pengujung hanya 9 atau nilai kecil.

Hal ini sebenarnya pengjung situs anda sedang di analisis, oleh karena itu terjadinya delay (jeda waktu) updating visitors tulisan anda, Vistor/pengunjung situs anda akan di count atau dihitung dan ditampilkan pada bagian jumlah visitors tulisan anda, Sekali lagi terjadinya delay waktu karena dianalisa dulu oleh google Analytics, untuk menampilkan jumlah kunjungan unique Vistors tulisan anda. 

Catatan penting di sini karena vitur Google Analytics dengan teknologinya sangat baik di dalam mencegah penggunaan aplikasi untuk menaikan pembaca yang dengan sengaja menggunakan software khusus untuk menaikan visiotors dengan aplikasi proxy vistors, melalui Google Analytics tidak dapat dimanipulasi . Jadi percuma anda menggunakan membeli dan menggunakan penawaran aplikasi-aplikasi tersebut yang banyak tersebar.

Disamping mahal, jangan kaget jika terjadi error pada system anda bila digunakan bahkan kemasukan virus karena software-software tersebut kebanyakan terdapat malware yang dapat merusak  system anda. Saya jamin, anda yang sudah membelinya dengan harga yang cukup mahal akan kecewa, karena tidak ada jaminan software tersebut dapat berjalan sesuai promosinya. Kenapa? ya karena itu tadi, kompasiana sudah menggunakan salah satu script Google Analytics atau script lainnya sebagai pendukung perhitungan unique vistors tulisan anda.

Mengapa kompasiana menenmpuh hal ini, salah satu dugaan saya sebagai proposal dalam penawaran iklan yang akan di branding di situs kompasiana, Tentu client akan meminta analisa dari pihak ke 3 (dalam hal ini yang dipilih google analys) bisa dilengkapi juga dengan Alexa Rank maupun Google Rank.  Sehingga fair jika unique visitors menjadi syarat atau bahan evaluasi client dalam menerima penawaran branding promo/iklan client pada di situs kompasiana.

Hal ini juga berkaitan dengan perolehan pendapatan lain dalam kerjasama dimana event pihak swasta atau pemerintah, bahkan organisasi dan individu bekerjasama dapat diterapkan atau dilakukan dengan infrastruktur situs kompasiana. Pertama-tama mereka akan melihat beberapa indikator di atas, atau menganalisa langsung jumlah visitors dengan aliran artikel yang ditayangkan dalam kurun waktu tertentu. 

Dalam memperoleh pendapatan guna mengelola situs kompasiana, baik biaya operasional dan lain-lain. Tentu membutuhkan cara lain guna pendap[atan langsung tanpa tergantung dari jumlah vistors. Misalnya dengan memanfaatkan Google AdSense yang teknologinya cukup baik untuk menampilkan iklan yang tepat bagi setiap user, atau setiap konten/tulisan yang di baca.  Dari sini, kompasiana juga mendapat pendapatan.

Fasilitas ini cukup sempurna, karena masing-masing orang akan melihat iklan yang muncul di kompasiana sesuai dengan kebiasaan anda brwosing atau menggunakan internet. Sehingga iklan yang ditampilkan menjadi urusan google, sedangkan kompasiana hanya menyediakan tempat dimana script diletakan untuk tampil pada setiap halaman kompasiana.

Ada lagi upaya lainnya untuk mencari sumber pendapatan lain, namun saya rasa beberapa penjelasan diatas cukup, untuk menjelaskan perolehan iklan dalam hubungan dengan unique vistors. Perlu dicatat bahwa aplikasi atau layanan online sangat bergantung pada pendapatan pada iklan, yang terkenal pasti facebook (bisa anda lihat dalam laporan keuangannya dan pergerkan sahamnya), hal ini juga termasuk google, twitter juga dan kini instagaram. Anda sendiri juga bisa mencari pendapatan iklan dengan meniru cara kompasiana, namun tergantung performa, rank blog situs anda, terdapat banyak pilihan salah satunya dengan memanfaatkan Google AdSense atau affiliate .

Tahu kan unique vistors? Pengunjung unik adalah jumlah rata-rata individu yang mengunjungi domain yang dianalisis, dalam negara jangka waktu yang dianalisis. Seorang pengguna yang tiba di situs sekali atau beberapa kali adalah satu pengunjung unik ke domain tersebut. Ringkasnya begini, jika IP anda mengujungi satu konten, halaman situs akan di hitung 1, sekalupun anda berulang kali mengunjungi artikel yang sama tetap di hitung 1. Sampai di sini mungkin paham ya, dan pasti sudah memahami apa itu IP. bukan?

Atau bisa dijelaskan secara ringkas merupakan Internet Protocol address (atau disingkat alamat IP) adalah label numerik yang ditetapkan untuk setiap perangkat yang terhubung ke jaringan komputer yang menggunakan Protokol Internet untuk komunikasi.Alamat IP memiliki dua fungsi utama: host atau identifikasi antarmuka jaringan dan pengalamatan lokasi). Singkatnya IP itu adalah identitas/alamat pada device anda.

Bisa saja berubah, jika anda menggunakan paket data, berpindah-pindah Wi-fi.  Nah jika anda ingin jumlah vistor unik pembaca artikel anda, anda dapat mengatifkan ip paket data (yang kadang berubah dalam jeda waktu) atau menganti koneksi wi-fi yang memiliki koneksi mandiri (bukan sharing wi-fi). Tapi cara ini capek bukan? nah terus bagaimana meningkatkan pengjung tulisan anda?... Pelan-pelan..

Yang pertama, sudah disarankan oleh Kompasiana pada laman K-reward, yaitu antara lain sebanyak mungkin membagi tulisan anda pada media sosial  yang anda miliki atau menjadi anggota salah satu diantaranya. Tapi ketika menerapkan cara ini,  anda harus pinter-pinter juga menggunakan trik khusus, hal ini juga termasuk membagi tulisan di messenger.

Hal pertama yang perlu diperhatikan,  perlu memperhatikan aturan main pemiliknya. Bahkan facebook juga mengamati hal ini. Jika anda dianggap sebagai spammer, maka resikonya anda bisa di banned oleh facebook jika dilaporkan. Oleh karena itu anda harus pintar-pintar membagi (sharing) tulisan anda. Dibawah Ini beberapa tips dari saya.

  • Jika media sosial itu milik anda, ada bisa leluasa sebenarnya membagi tulisan anda, akan tetapi perhatikan kapan waktu yang tepat disharing ata dibagikan, karena tidak semua orang pada waktu anda sharing tautan tulisan anda, mereka sedang online. Oleh karena itu lakukan sharing beberapa kali, baik dalam perhitungan jarak waktu bahkan hari. 
  • Apakah anda memiliki komunitas di media sosial (contohnya facebook) dengan jumlah follower atau anggota group anda yang cukup banyak? misalnya dalam hitungan ribuan? Maka dimungkinkan tulisan ada akan dibaca oleh mereka, yang lagi-lagi sedang online, (ingat bahwa saat sharing tulisan di sosial media dalam komunitas yang anda miliki atau dimana anda menjadi anggoatnya, perlu anda jamin tepat pada waktunya dan jangan sampai dianggap annoying (penganggu) apalagi dilaporkan sebagai spammer. 
  • Saya kebetulan adalah generasi awal pengguna facebook,, twitter, Google+ (sudah ditutup), ketika itu, saya ambil contoh saja pages (fan pages atauu group yang saya buat pada awalnya, seiring dengan waktu berkembang hingga anggota atau followernya yang awalnya sediikit dan gak ngebayangin akan berkembang, ternyata bertmabah anggatanya atau folower minimal 10.000 bahkan hingga ada yang jutaan (termasuk group dimana saya menjadi anggota di awal). Nah di sinilah kesempatan saya sharing tulisan saya, namun dengan teknik sharing yang baik. Termasuk tips di atas. Dan jika anda perhatikan tulisan saya, peningkatan pengunjung adalah akumulasi pengunjung dalam dalam jangka waktu (hari) yang cukup lama    (bisa seminggu atau dua minggu). Nah saya sharing tulisan saya (termasuk tulisan lama) tidak pada hari tulisan saya dipublish, tapi di hari lainnya. Perlu menjadi catatan anda, saya memeilik lebih dari 60-100 group facebook (sebagai admin), ada yang sudah redup juga hehehe dan menjadi anggota lebih dari 1000 lebih anggota group facebook, 
  • Untuk sharing di messenger (WA/FB/Line bahkan instagaram) namun kelihatannya kebanyakan mengunakan whatsapp group. Jika saya melakukan hal itu,  saya milih-milih juga, karena ada Group Whatsapp yang super duper serius untuk berdikusi, jadi saya enggan untuk sharing tulisan saya. Karena resikonya ada bisa ketendang dari group tersebut karena dianggap pengganggu atau spammer.
  • Perlu di ingat terkait waktu anda shae di group sosial media maupun group messenger, jika aliran postingan anggota cukup sering. Maka anggota group membutuhkan waktu untuk mendapatkan tautan yang ada bagikan. Kenapa? Karena tidak semua orang memperhatikan group-group tersebut pada saat anda membagikan tautan. Dalam catatan saya, user tidak bisa di atur moody-nya, suka-suka hatinya membuka sosial media. 
  • Berikutnya saya punya  follower yang membagi tulisan saya, dengan caranya sendiri. Namun jika ketahuan oleh saya, sering saya ingatkan harus memperhatikan etika yang baik dan aturan wadah komunitas termasuk messenger ketika mereka forward link yang saya berikan atau mereka peroleh. Namun ingat bahwa tidak semua tulisan saya, tidak saya ketahu dishare atau tidak oleh para folower saya,
  • Ada juga fasilitas lain yang disediakan google dan pihak ke 3 untuk branding tulisan, namun jarang saya gunakan. Sesekali saja.
  • Mudah-mudahan penjelasan di atas dapat anda pahami. O ya, yang posting tulisan setiap hari yang hobi menulis (jangan peernah anda membayangkan mengejar k-rewaad akan membuat anda frustrasi) di bagian lain akan saya jelaskan (menurut saya) menyajikan beberapa hal yang terkait dengan penyajian konten anda.

Nah itu tips saya, namun anda perlu ketahui bahwa kompasiana juga membantu anda untuk mempromosikan tulisan pilihan anda melalui group, pages dan media sosial offcialnya atau non offcial. Sehingga Kompasiana juga turut membantu mempromosikan tulisan anda yang kriterianya saya belum tahu persis, apakah tlisan pilihan dan artikel utama atau populer saja atau ada pilihan lain artikel lainnya.

Selanjutnya terkait konten tulisan anda, dalam penilaian saya ya... tapi sebelumnya anda sudah ketahui ketika mendapat notifikasi topik pilihan, perlu anda catat bahwa topik pilihan yang diberikan kompasiana sudah mempertimbangkan berbagai hal, misalnya berita viral atau kontent yang memiliki google rang dan keyword yang masuk peringkat atas pada mesin pencari (bukan saja google, tapi juga bing maupun yahoo dll). Apa yang di sarankan kompasiana sebagai pilihan, jika anda ikuti sebenarnya cukup baik karena pengelola/admin sudah memperhatikan beberapa aspek yang saya sebutkan di atas.

Bagi saya, langkah-langkah yang biasa saya ikuti jika memang memiliki waktu dan tidak sibuk dan mood nya lagi baik, ada dua jenis tulisan yang saya pilih (khususnya jenis opini), ada opini yang saya perlu dalami karena lagi viral, jenis opini ini, saya mebutuhkan refrensi yang cukup dan melakukan cros chek, dan jujur di dalam memasukan sumber refrensi jika bukan berasal dari opini/pendapat saya, apalagi soal angka hasil survey atau analisis pihak atau badan terpercaya saya wajib mencantumkan sumbernya. Lain cerita ketika saya ingin menulis opini bebas, saya akan menggunakan gaya bahasa saya sesukanya tapi beretika, secara bebas merdeka tanpa memikirkan refrensi yang saya butuhkan.  Nah terkait konten, terdapat beberapa masukan menurut saya yang perlu dipehatikan

  • Selain masalah anda harus jujur dengan tulisana anda terkait refrensi, perlu anda perhatikan karena masalah copy right atau Haki sekalipun belum banyak kasusnya di Indonesia, namun ke depan, bisa menjadi permasalahan hukum sehingga dalam penulisan opini atau bahkan reportase perlu jujur jika sumber foto, gambar atau kutipan.
  • Anda perlu memperhatikan aturan main, term and condition, atau ketentuan kompasiana. Lebih luas lagi tidak melanggar etika, norma terasuk hukum dan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. 
  • Yang ingin tulisanya dibaca oleh kompasianer, anda bisa memutuskan mengikuti kompasianer yang anda suka terutama dapat belajar dari penyajian konten-konten menarik dan bemanfaat.
  • Jalin komunikasi melalui kolom komentar, minimal boleh juga memberikan penilaian artikel yang anda baca secara jujur
  • Terkait isi konten, gaya bahasa, pilihan bahasa, struktur tulisan, saya tidak akan menyarankan apapun, karena masing-masing penulis memiliki kemerdekaan di dalam menulis, dan menjadi cirinya sendiri. Baik atau kurang baik menurut penilaian orang lain, anda tidak perlu kuatir, Jadilah diri anda sendiri. Apalagi gaya bahasa anda unik memiliki ciri khas tersendiri.
  • Lengkapi data anda pada profil kompasiana (anda boleh menggunakan nama pena, selain nama asli) yang tahu nama asli anda hanya pihak kompasiana, yang pasti sedapat mungkin anda melengkapi data diri anda dengan sebenarnya, namun menjadi pilihan anda, Karena jika lengkap diverifikasi, anda mendapat keuntungan secara tidak langsung dari kompasiana, yang anda tidak sadar secara langsung, (Misalnya konten anda akan menjadi perhatian admin untuk dijadikan tulisan pilihan) dan berkesematan mengikuti lomba-lomba atau event di kompasiana.

Terkait bagian konten lainnya, yang sudah dijelaskan diatas, dengan memanfaatkan topik pilihan yang disarankan oleh kompasiana. Saya hanya tambahkan beberapa hal lain, misalnya 

  • Untuk cepat dikenal, plihlahlah jenis tulisan reportase tetapi merupakan hasil pengamatan atau pengalaman anda sendiri terhadap kejadian pribadi atau suatu kejadian yang ada lihat dan amati dengan catan dilengkapi dengan foto-foto  pendukung yang cukup sebagai reportase original anda.
  • Untuk membuat  judul dan memasukan tag/keyword yang tepat yang tepat, agar kemungkinan bisa ditemui di mesin pencarian google maksimal hingga halam ke 5 ggoogle search engine. sehingga cari dulu di google search engine judul yang akan anda buat, agar tidak menjadi duplikasi apalagi judul tersebut mirip-mirip dengan judul yang dimuat oleh media mainstream. Dari sini anda dapat membuat judul yang menurut anda tepat
  • Pilihan judul, tag atau keyword,  juga dapat dicari di Google Trends, anda akan mendapatkan tulisan dengan judul atau keyword apa saja yang sering dicari orang di mesin pencari google.
  • Membuat tulisan sendiri dihari yang sama sekalipun ada kemiripian dengan tulisan media mainstream, tetapi untuk kejadian yang sedang viral.
  • Ada cara yang saya sebut cukup cerdik tapi Licik, yaitu membuat judul dengan istilah clickbait, 
  • Menurut Oxford Languages, clickbait adalah judul konten yang dibuat untuk menarik perhatian dan mendorong pengunjung untuk mengeklik tautan ke halaman web tertentu. Clickbait disebut juga tautan jebakan pada judul konten yang dibuat sedemikian rupa guna menarik perhatian pembaca. Namun, isi kontennya biasa saja dan terkadang tidak relevan dengan judulnya. Praktik clickbait banyak dijumpai dalam berita online serta konten yang ada di media sosial maupun media mainstream yang "nekad". Anda boleh menggunakan cara ini, tapi nama anda dan konten anda semanarik apapun, sudah dihafal oleh pembaca dan dalam jangka panjang dapat berdampak pada penilaian secara subjective terhadap anda. Ke depan atau sedang berlangsung, saya rasa, kompasiana juga sedang memperhatikan hal ini.
  • Demikian beberapa opini saya, Perimbangan lainnya teserah anda.anda boleh setuju maupun berbeda. Karena wajar, dan sangat saya hargai.

Yang terkahir terkait dengan jam publikasi tulisan anda, jika anda jeli, anda dapat mendapat kesimpulan tersendiri melihat traffic pembaca kompasiana dalam jumlah yang cukup banyak. Hal ini juga terkait dengan Rubrik atau Kategori Tulisan.

Sampai di sini semoga semua yang dijelaskan dan diperluas dari judul utama, dapat menjadi masukan bagi anda. Namun sekali lagi menurut pemikiran saya. Semuanya saya kembalikan kepada anda.

Izinkan saya berikan catatan buat anggota group bahwa Group Whatsapp Komunitas ini, dapat dipergunakan anggota komunitas untuk berdikusi, khususnya dalam merencanakan event-event yang akan dilaksanakan, Ada dua jenis. Event secara Internal Komunitas, Event terbatas pada para anggota komunitas yang sifatnya free dimana dipublikasi di laman komunitas, dan event/lomba yang dibuat dengan kerjasama dengan kompasiana. Jika serius menjadi bagian dari kumunitas ini silahkan click link/tautan https://bit.ly/Cahaya-Timur

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Suka dengan Artikel ini?
2 Orang menyukai Artikel Ini
avatar
Selamat siang pak valen, mohon tanya gimana caranya menulis caption pada sebuah foto. Saya melihat ada photo competition - rasanya banyak foto menarik dari pulau vulkanik yang bisa diikutkan dalam lomba itu. mohon pencerahan. terima kasih.
2023-04-27 11:01:56
masukan seperti biasa caption seperti anda memuat artikel. Kalau karakternya panjang, disesuaikan. Saya blm sempat lihat Photo Competition, dan jarang mengikuti kompetisi. Kalau buat event kompetesi dulu sudah beberapa kali kerjasama dengan PT Kompas Cyber Media
2023-04-27 22:59:17
Lengkap sekali penjelasan ini. 🌟🌟
2023-04-20 15:03:05
mantap
2023-04-18 22:49:33